I. Nama : Nuriate Nim :13.3.02.147 Kelas : VI D
Gambaran Umum
Tentang Lokasi Training (sejarah,fasilitas dan SDM)
Sejarah
Berdirinya Hotel Holiday Resort Lombok
Seiring dengan perkembangan industri
pariwisata di Indonesia pada. umumnya dan di pulau Lombok pada khususnya, maka
banyak dibangunnya hotel-hotel berbintang didaerah kawasan pariwisata di
Senggigi, salah satunya didirikan hotel “Holiday Resort Lombok” pada tanggal 01
Oktober tahun 1995 Gubernur Nusa Tenggara Barat yang saat itu menjabat Bapak.
H. Warsito meresmikan sebuah hotel dengan nama Holiday In Resort Lombok.
Holiday dibangun diatas tanah seluas 15 hektar yang berada di kawasan Senggigi
Jln. Raya Mangsit, Lombok 83351 Nusa Tenggara Barat Indonesia. Teip (62-370)
693444, Hunting, Fax (62-370) 693092, Email ; hirlo@mataram wasantara.net.id.
Website; www. Bluebird group.com
Pemilik tunggal dan property ini adalah
Bpk. Chandra Suharto, MBA dan juga merupakan pemilik dan properly Blue Bird
Group (Lombok Taxi). Pada saat Grand opening Hotel Holiday memiliki
159 kamar namun yang dioperasikan hanya 158 kamar, satu kamar dipergunakan
untuk fasilitas bermain anak-anak (Kids Club). Dan Saat ini Hotel
Holiday mengoperasikan 188 kamar, karena satu kamar dengan tipe Standard Garden
Chalet digunakan masih sebagai Kiddy Club (tempat bermain anak-anak)
untuk anak-anak usia antara 5 sampai 12 tahun.
Fasilitas-Fasilitas Hotel Holiday
Resort Lombok
Fasilitas-fasilitas kamar yang dimiliki di
Holiday Resort Lombok adalah
1. 104
Standart Garden Chalet
2. 40
Ocean View
3. 1
Presidential Suite
4. 14
Bungalow
Masing-masing kamar terdapat
fasilitas antara lain:
1.
Air Conditioner
2.
Telephone
3.
Coffee Maker
4.
TV Berwarna lengkap dengan 22 chanel
5.
Mini bar
6.
Bath tub
7.
Hot and Cold Water
Dua
tahun kemudian diadakannya penambahan fasilitas kamar sebanyak 30 buah dengan
tipe kamar Deluxe Apartement. Fasilitas yang ada didalamnya yaitu:
1. Dua
kamar tidur (King bed room dan Twin bed Room)
2. Living
room
3. Kitchen
set
4. Air
Conditioner
5. TV
Berwarna lengkap dengan 22 chanel
6. Mini
bar
7. Telephone
8. Hot
and Cold Water
9. Bath
tub
Fasilitas
pendukung lain yang disediakan untuk tamu yang menginap adalah:
1. Restoran
Rinjani / Spice of The World
Restoran
ini dipersiapkan untuk Buffet Breakfast. Sarapan dimulai pada pukul
06.30-10.30 pagi
2. Restoran
Kayangan /Seafood and Italiano Restoran ini dipersiapkan untuk makan
siang dan makan malam, specialis aneka hidangan Laut dan hidangan
International
3. gili
Pool Bar
Gili
Pool Bar merupakan bar yang berdekatan dengan kolam renang
yang beroprasi mulai dari pukul 09.00-23.00, dimana tamu dapat relax dalam
menikmati minumannya. Minuman yang dijual terdiri dan banyak jenis dan kualitas
yang tinggi, berbagai jenis minuman beralkohol dan non alkohol dijual selain
itu para tamu juga dapat menikmati discount
hingga 50% pada pukul 17.00-19.00 untuk semua jenis minuman, kecuali wine dan Premium Brand. Pada malam harinya tamu akan dihibur dengan musik
Quartet.
4. Gecko
Steak Bar
Bar
ini beroperasi pada pukul 16.00-24.00. Pada malam hari tamu akan dihibur dengan
live music diiringi dengan permainan electone musik. Bar ini juga
menyediakan permainan Billyard. Disini tamu bisa menikmati Juice ataupun
cocktail sambil menonton televisi dengan 22 chanel/saluran
International.
5. Tennis
Court
6. Biddy
Tour & Travel
7. Go
Vocation Indonesia
8. Lumba-lumba Drug Store
9. Blue Marlin Diving
10. Mini
Market Holiday Resort
Service
yang tersedia di Holiday resort Lombok antara lain:
1. Laundry
& Dry Cleaning
2. Shuttle
Service
3.
Gin
Loka Spa
4. Kids
Club
5. Money
Changer
6. Safety
Deposite Box.
Pembagian Departement di Hotel
Holiday Resort Lombok
Hotel memiliki berbagai macam fasilitas
yang disediakan untuk digunakan oleh tamu haruslah dikelola secara baik dan
semaksimal mungkin untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya. Tujuan
tersebut akan dapat dicapai, melalui pelayanan yang baik yang diberikan oleh
semua staff hotel kepada tamu.
a. Front
Office Departement
Adalah bagian kantor depan Hotel yang
bertugas menerima Reservasi, Menghandle bagasi tamu yang Chek-in dan Chek-out,
memberikan informasi, menerima dan mengakomodasi tamu Chek-in, membuat
rekening perhitungan biaya tamu, membuat laporan administrasi. Penjualan kamar
seperti : House Count/Room Count Sheet, Room Recapilation, Guets
room Statistic, dan sebagainya. Bagian ini dipimpin oleh seseorang FO
Manager yang dibantu oleh Asst. E O. manager.
b. Food
and Beverage Departement
Adalah bagian yang bertugas mengelola,
memproduksi dan menyajikan makanan dan minuman untuk keperluan tamu Hotel, baik
dalam kamar, Restaurant Coffee Shop Bannquet (Resepsi pertemuan), makanan
karyawan dan sebagainya.Bagian ini dipimpin oleh seorang Food and Beverage
Manager yang dibantu oleh Asistant Food and Beverage Manager.
c. Housekeeping
Department
Adalah bagian rumah tangga Hotel yang
bertugas membuat perencanaan, perawatan/pembersihan semua kamar tamu, ruang
kantor, lobby, Terrace, corridor/gang-gang , Lift, elevator,
toilet umum, public space, locker’s rooms, linen dan uniform room,
halaman, taman, kolam renang dan ruang parkir (luar/dalam Hotel). Bagian ini
dipimpin oleh seorang Executive Hausekeeper.
d. Accounting
Department
Adalah bagian yang bertugas dan
bertanggung jawab dalam mengelola Akutansi keuangan hotel yang meliputi :
penerimaan dan pengeluaran uang (incoming dan Expenses).pembukaan,
pembayaran gaji pagawai, pembayaran uang utang terhadap nasabah (Supliers),
penagihan piutang terhadap relasi (ex tamu), pembuatan laporan pandapatan
harian (Daily Income Report), pembuatan laporan “Neraca” rugi laba
bulanan dan laporan tahunan dan sebagainya. gagian ini dipimpin oleh seorang Comproler
yang dibantu oleh Assistant Controller.
e. Marketing
and Sales Department
Adalah bagian yang bertugas membuat
pemcanaan pemasaran periklanan/promosi dan penjualan produk dan fasilitas
hotel, baik dalam negeri maupun luar negeri (mancanegara). Bagian ini dipimpin
oleh Marketing Manager, yang dibantu oleh seorang Sekretaris
Marketing Manager.
f.
Engineering and
Maintenance Department
Adalah bagian teknik dan perawatan yang
bertugas membuat perencanaan pemasangan instalasi teknik (bangunan, listrik,
antena, prabola, ac-sentral, mesin disel, lift, elavator, sound, TV Radio dan
lain-lain). Bagian ini dipimpin oleh seorang Chief Engineering yang
dibantu oleh sorang Assistant, Chief Engineering.
g. HRD/Manpower/Personnel
Department
Adalah bagian yang mengurus penerimaan
pegawai dan administrasi semua pegawai/ karyawan perusahaan tersebut. Bagian
ini dipimpin oleh seorang HRD Manager.
h. Purchasing
Department
Adalah bagian yang pada umumnya dibawah
pengawasan Accounting Departement yang bertugas membuat perencanaan
pembelian barang-barang, materialis Supplies, bahan-bahan mentah dan
sebagainya. Untuk keperluan tamu dan operasional hotel secara keseluruhan.
Bagian ini dipimpin oleh seorang purcashing
Manager yang dibantu oleh seorang Assistan. Purchasing Manager.
i.
Cost Control Department
Adalah salah satu departemen yang berada
dibawah pengawasan langsung Accounting Departemen yang bertugas untuk
membuat perencanaan / penjadwalan, pengontrolan yakni “Menginventarisasi” semua
“Asset” / Harta Benda / barang-barang / kekayaan hotel disemua
Departemen. Bagaian ini dipimpin oleh seorang Chief Cost Control.
j.
Security Department
Adalah bagian pengamanan yang bertugas
membuat perencanaan pengamanan/pencegahan dan pengawasan tentang berbagai
kemungkinan (Insident) yang akan atau mungkin terjadi didalam maupun di
luar hotel. Bagian ini dipimpin oleh seorang Chief Security yang dibantu
oleh seorang Asst. Chief Security.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar